UPT. Pukesmas Penajam bersama PKK Kelurahan Penajam Gelar Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

  • Jun 12, 2024
  • NANDA PURWANINGSIH
  • Berita Desa

Rabu, 12 Juni 2024, UPT. Puskesmas Penajam bersama PKK Kelurahan Penajam mengajak masyarakat untuk dapat mengikuti Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting yang dilaksanakan di Posyandu Mawar 14, Kelurahan Penajam. Kegiatan yang wajib dihadiri oleh para calon pengantin, ibu hamil, bayi dan balita ini berlangsung hingga pukul 12.00 WITA.

Pelaksanaan Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting bertujuan untuk mendeteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi serta meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu. Kegiatan ini mencakup penimbangan Berat Badan, Pengukuran Lingkar Lengan dan Lingkar Kepala, Tinggi Badan serta akan dilakukan intervensi sesuai dengan Tata laksana kasus yang ditemui.

Ibu Fatma selaku koordinator Kader Posyandu menyampaikan bahwa kegiatan ini berguna untuk mengingatkan kembali masyarakat agar tidak lengah dalam pencegahan stunting.

“Mengingat pentingnya pencegahan stunting, maka melalui kegiatan ini dilakukan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting pada anak. Seperti mengedukasi remaja putri untuk meminum penambah darah secara rutin, memberikan ASI Eksklusif pada bayi, memenuhi kebutuhan gizi, memberikan imunisasi yang lengkap serta membersihkan lingkungan sekitar.”  Tuturnya.

Sementara itu, masyarakat juga menyambut dengan baik kegiatan ini. Karena dapat berkonsultasi secara gratis dan mendapatkan wawasan mengenai pencegahan stunting yang berguna untuk bekal berumah tangga bagi calon pengantin.

“Kegiatan yang bermanfaat, dapat banyak wawasan baru dan bisa bertanya banyak hal mengenai program hamil dan perkembangan anak. Sebagi bekal berumah tangga nanti.” ujarnya (Nanda).

Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin sadar untuk membangun keluarga yang sehat. Sehingga angka stunting dapat terus menurun dan tercipta generasi yang sehat dan unggul di masa depan. Demi mencapai tujuan ini, tentu saja membutuhkan kerjasama antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Hal inilah yang sedang diperjuangkan oleh UPT. Puskesmas Penajam dan PKK Kelurahan Penajam, salah satunya melalui kegiatan tersebut.